Highlights

Mudah Stress Saat Hamil, Begini Cara Mengatasinya!

Berbagai cara ingin cepat hamil sudah dilakukan. Dari banyaknya cara akhirnya apa yang diharapkan terkabul. Namun ternyata banyak orang yang sudah siap untuk hamil tetapi belum siap secara mental. Di masa kehamilan, pastinya banyak perubahan yang terjadi pada wanita. Apalagi perubahan secara emosional.

Banyaknya hormon yang tumbuh pada ibu hamil, terkadang hal ini yang sangat sulit bagi ibu hamil mengontrol emosi. Mudahnya berubah secara emosional membuat ibu hamil dengan mudah mengalami stress.

Di zaman emansipasi wanita sekarang ini, tidak ada yang wanita hanya berdiam diri dirumah ketika hamil. Hampir sebagian banyak wanita mempunyai pekerjaan selain menjadi ibu rumah tangga.

Keadaan ini yang bisa memacu wanita hamil lebih mudah strees. Bahkan hanya masalah kecil saja bisa dibuat wanita hamil menjadi besar dan pada akhirnya terjadi sesuatu pada kehamilan. Inilah yang harus dihindari oleh wanita hamil.

Dibawah ini ada beberapa cara yang dapat mengurangi stress untuk ibu hamil. Cara ini sangat perlu untuk ibu hamil dimana emosi sedang bergejolak:

  1. Jangan mengerjakan yang bukan pekerjaan utama

Kehamilan membuat badan dengan mudahnya lelah dan emosi yang naik turun. Maka dari itu, jangan meningkatkan stress dengan mengerjakan tugas yang bukan pekerjaan utama di tempat kerja.

Dalam lingkungan sosial, beritahu sekitar bila wanita hamil cepat merasa lelah dan lemas. Mungkin ini akan sulit bagi orang sekitar untuk menyesuaikan diri, namun berjalannya waktu mereka akan terbiasa dengan itu. Teman baik akan menginginkan yang terbaik untuk teman lainnya.

  1. Pergunakan internet sebaik mungkin

Karena wanita hamil dengan mudahnya stress, maka internet bisa menjadi penawar hati ketika gundah. Dengan internet, kita dapat mencari hal positif yang dapat mengurangi kadar kekesalan wanita hamil. Salah satunya, kita bisa mencari nama – nama bayi yang unik dan mencari tahu perubahan mingguan dalam perkembangan bayi. Kegiatan itu akan meningkatkan emosi positif  untuk ibu hamil.

Pintar – pintarlah dalam menggunakan internet, terkadang malah dapat emosi kita semakin membuncah. Contohnya saja ketika kita sedang membaca sebuah berita yang kurang mengenakan sehingga dapat mempengaruhi emosi wanita hamil.

Jadi, jangan membuat diri Anda menjadi gila karena khawatir tentang kemungkinan-kemungkinan jauh dari apa yang salah.

  1. Luangkan waktu untuk mengambil kelas perawatan bayi

Di beberapa rumah sakit sekarang sudah memiliki kelas persalinan dan perawatan bayi secara gratis. Tidak hanya rumah sakit, sekarang sudah ada beberapa komunitas yang mengikuti kegiatan tersebut.

Bergabung lah dengan mereka salah satunya. Selain mendapat energi positif, banyak keuntungan lainnya yang di dapat oleh wanita hamil.

Dari kelas perawatan bayi ini, kita dapat mencari tahu bagaimana menangani bayi dari sakit kuning, bayi rewel, dan lain sebagainya. Selain itu, dengan mengikuti kelas in oun dapat membantu calon ibu merasa lebih siap sesungguhnya dengan status baru nantinya.

Adanya kegiatan dapat membuat perasaan lebih baik. Kelas perawatan bayi adalah tempat yang bagus untuk bertemu dengan ibu hamil lainnya dan para professional untuk berbagi kisah masa kehamilan.

  1. Berlibur

Sekarang ini untuk memiliki waktu berlibur sangat sulit untuk digapai, apalagi untuk para pekerja. Namun, kegiatan ini sangat penting dilakukan oleh wanita hamil. Luangkan waktu sejenak untuk berlibur. Tujuannya untuk menghilangkan stress dan beban pikiran. Itu sangat baik untuk perkembangan janin.

  1. Berbagi pengalaman

Dalam hidup, sesama manusia membutuhkan orang dalam hidupnya, tidak ada orang yang bisa hidup hanya dengan dirinya sendiri. Apalagi oleh wanita hamil, dengan emosi yang bergejolak, tentunya butuh orang lain yang bisa mendengar semua keluh kesahnya. Dengan sudah menceritakan keluh kesah yang tengah dirasakan, diri menjadi lebih tenang ketika stress melanda.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk wanita hamil agar terhindar dari stress. Ibu senang, pastinya anak pun bahagia.



0 Comments on "Mudah Stress Saat Hamil, Begini Cara Mengatasinya!"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply