Highlights

Tips Nyaman Naik Pesawat untuk Mama Hamil

May 4, 2017 By 1 Comment

Musim liburan biasanya orang akan travelling untuk liburan. Salah satu kendaraan yang dipilih adalah pesawat terbang, sebab lebih nyaman dan praktis. Namun, bagaimana dengan mama hamil? Seringkali mama hamil mengurungkan niat bepergian dengan pesawat karena khawatir tidak aman untuk kandungannya. Padahal, sebenarnya bepergian dengan memakai pesawat tergolong aman buat mama hamil, asalkan kehamilannya sehat. Meski demikian, ada baiknya mama hamil memastikan beberapa hal sebelum naik pesawat, antara lain: Tanyakan kepada dokter kandungan apakah kehamilan mama sehat dan memungkinkan untuk terbang. Jika mama hamil dinyatakan sehat dan aman naik pesawat oleh dokter, maka mintalah surat keterangan sehat.

Cek kebijakan maskapai penerbangan untuk penumpang yang sedang hamil. Pada umumnya, maskapai penerbangan mengijinkan mama hamil naik pesawat jika usia kehamilan tak lebih dari 34 minggu. Biasanya maskapai akan meminta mama hamil membawa surat keterangan sehat dari dokter dan menandatangani dokumen bermaterai. Apabila mama hamil sudah mengantongi izin terbang dari dokter, maka untuk kenyamanan naik pesawat, berikut tips yang bisa dipraktekkan: Pilihlah tempat duduk di bagian depan yang dekat dengan lorong.

Hal ini untuk memudahkan mama hamil pergi ke toilet pada saat mengalami gangguan selama terbang, seperti mual, muntah, buang air kecil dsb. Dengan duduk di bagian depan maka mama hamil akan memungkinkan leluasa bergerak, seperti merenggangkan kaki sehingga terhindar dari pegal dan kram. Minta bantuan pramugari untuk mensetting kursi supaya mama hamil bisa duduk bersandar dengan nyaman. Pakailah pakaian yang tidak ketat/ longgar supaya nyaman. Beberapa dokter/ bidan akan menyarankan mama hamil memakai stocking/ kaus kaki untuk mencegah pembekuan darah. Minum banyak cairan, terutama air putih, untuk mencegah dehidrasi. Pakai sabuk pengaman di bagian bawah perut. Bawa obat-obatan yang diperlukan, seperti obat mual, dalam tas tersendiri. Sehingga mudah dijangkau saat mama hamil membutuhkannya. Kehamilan memang bukan penghalang mama hamil untuk naik pesawat. Namun, apabila dokter menyatakan mama hamil tidak memungkinkan untuk terbang, sebaiknya jangan memaksakan diri, ya, mama!



1 Comment on "Tips Nyaman Naik Pesawat untuk Mama Hamil"

  1. […] ini untuk memiliki waktu berlibur sangat sulit untuk digapai, apalagi untuk para pekerja. Namun, kegiatan ini sangat penting […]


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply