Highlights

Pilihan Ikan Untuk Menu MPASI

ikan segar untuk balita

Pemilihan makanan pendamping pada buah hati di masa-masa Mpasi memang membuat mama pusing. Makanan apa saja yang bisa diberi. Campuran apa saja yang bisa. Apalagi kalau berhubungan dengan ikan. Apa boleh diberi ikan? Jenis seperti apa yang bisa dikonsumsi?

Untuk masalah ikan memang kita perlu waspada dalam memberikannya. Apalagi anak yang baru mengenal makanan padat. Tak boleh sembarangan dalam memilih. Lalu ikan jenis apa yang bisa dimakan oleh buah hati.

Dibawah ini adalah beberapa ikan yang bisa mama coba:

  • Ikan salmon

Pasti Mama sudah tidak asing lagi dengan ikan salmon. Kandungan zat gizi di dalamnya tak terhingga. Hampir 80 % zat gizi yang dibutuhkan ada di dalam ikan salmon. Mengandung omega 3, ikan salmon dipercaya dapat meningkatkan kemampuan otak dan berbagai macam manfaat lainnya.

  • Ikan tuna

Sama halnya dengan salmon, ikan tuna juga mengandung omega 3 yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak. Tak hanya itu, ikan ini juga meningkatkan system kekebalan tubuh pada anak.

  • Ikan bandeng

Tak jauh berbeda dengan ikan sebelumnya, bandeng bisa memberikan imun yang baik untuk tubuh, tetapi tak hanya itu ternyata bandeng juga bisa membantu buah hati Mama agar penglihatannya semakin bagus dan memperkuat daya ingat. Memang ikan bandeng mempunyai banyak duri dan terdapat bau amis yang kuat, namun bila dimasak dengan benar itu semua bisa diatasi dengan baik.

  • Ikan patin

Para mama pasti jarang bukan memberikan sang anak ikan patin? Lebih baik sekarang bisa mencobanya. Kandungan DHA dan EPA di ikan patin bisa mencerdaskan otak dan mempertajam daya pikir buah hati.

  • Ikan kakap

Kepala ikan kakap itu sangat menggiurkan betul Mam? Sekarang semua keluarga bisa memakannya tanpa terkecuali. Beri buah hati ikan kakap dalam campuran MPASInya. Hewan ini bisa memenuhi kebutuhan protein sang buah hati sebanyak 10 gram.

IKAN UNTUK ANAK ALERGI

Itu beberapa ikan yang bisa mama campur dalam menu makanan buah hati. Walaupun semua ikan mengandung omega 3 yang tinggi, namun tidak semua ikan laut baik untuk sang buah hati. Ikan laut yang mengandung tinggi merkuri lebih baik dihindari. Apa saja? Ikan hiu, ikan tenggiri, ikan todak, ikan king mackerel dan ikan tuna kalengan adalah beberapa ikan yang mengandung tinggi merkuri.

Sebenarnya Mam, semua jenis ikan bisa dikonsumsi oleh buah hati kita. Tetapi harus diperhatikan, apakah sang anak terdapat riwayat alergi atau tidak. Kalau iya, maka harus memilih ikan yang benar. Lebih baik menghindari daripada harus mengobati.

Bukan berarti tidak boleh memakan ikan. Vitamin yang dikandung dalamnya sangat berperan penting untuk pertumbuhan buah hati. Lalu, ikan apa yang bisa dimakan untuk yang mempunyai riwayat alergi?

  • Ikan gurame

Ikan air tawar ini tak kalah dengan ikan laut yang mengandung banyak zat gizi. Ikan yang memiliki tekstur kenyal ini tak memilik banyak duri sehingga sangat mudah untuk mama mengolah sebagai bahan MPASI.

  • Ikan lele

Hewan yang memiliki kumis panjang ini juga sangat penting untuk perkembangan sang buah hati. Sama dengan ikan salmon, lele juga mengandung protein dan omega 3. Agar buah hati ingin cepat tinggi, beri lele dalam MPASInya. Tapi harus memperhatikan duri di dalamnya ya Mam.

  • Belut

Ikan yang mempunyai badan seperti ular ini ternyata sangat banyak manfaatnya untuk sang buah hati. Ingin sang buah hati selalu bersemangat? Ikan belut bisa menjadi solusinya. Kandungan kalori yang tinggi dalam belut bisa sang anak menjadi lebih aktif dan tidak sering nangis.

  • Ikan gabus

Sudah banyak penelitian yang mengatakan kalau ikan gabus memiliki banyak manfaat. Hewan air tawar ini terkenal dengan kandungan albumin yang kaya. Albumin adalah protein utama yang terdapat di tubuh manusia. Bila kekurangan albumin dalam tubuh, maka protein yang di dapat tidak bisa diserap dengan baik. Maka dari itu, ikan gabus sangat baik dikonsumsi oleh buah hati.

Diatas adalah beberapa ikan yang bisa dicoba untuk sang buah hati. Bingung apakah sang anak memiliki alergi terhadap ikan jenis apa? Kamu bisa mencobanya terlebih dahulu, tunggu dan lihat bagaimana reaksinya. Beri jeda tiga atau empat hari untuk mencoba jenis ikan lainnya. Karena biasanya membutuhkan waktu untuk melihat reaksinya. Jangan terlalu cepat mengganti menu, karena Mama akan kesulitan melihat ikan apa yang jadi penyebab alergi. Atau lebih baiknya, Mama berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui tentang hal ini.

Sebelum memberi sang anak ikan, hal yang perlu diperhatikan adalah kesegaran ikannya untuk memastikan bahwa ikan tersebut baik untuk di konsumsi. Jangan beri sang buah hati ikan yang memang sudah lama mati di daratan.



1 Comment on "Pilihan Ikan Untuk Menu MPASI"

  1. […] yang tidak membutuhkan waktu besar tetapi kucing butuh perhatian yang khusus. Dari segi makanan, tempat tinggal, dan kesehatannya pun harus dijaga sedemikian rupa. Apalagi kucing akan […]


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply