Highlights

Latih Tanggung Jawab Buah Hati dengan Melibatkannya Melakukan Pekerjaan Rumah

May 4, 2017 By 1 Comment

Banyak Mama berpikir untuk tidak memberikan tanggung jawab lebih terhadap buah hati karena takut ia masih belum dapat menyelesaikannya dengan baik. Hm, tentunya hal itu tak sepenuhnya benar, Ma. Dengan melibatkan buah hati dalam melakukan pekerjaan rumah, ia akan belajar bagaimana bertanggung jawab dan disiplin, paling tidak untuk kewajibannya dan tugas-tugasnya. Selain itu, buah hati Mama juga akan belajar mengkoordinasi, bersih, dan rapi sejak dini. Tentu Mama ingin kan buah hati seperti itu?

Tak perlu memberinya tugas berat, cukup pekerjaan rumah ringan yang menyenangkan seperti yang di bawah ini.

Merapikan kamar

Ajak dan ajarkan buah hati untuk merapikan kembali mainan serta tempat tidurnya saat setelah bangun tidur atau bermain. Hal ini akan membuatnya lebih disiplin dan juga membantu daya ingatnya dalam mengorganisir.

Mencuci pakaian

Beri ia tugas untuk membawa pakaian kotor yang akan Mama cuci. Minta bantuannya untuk memisahkan pakaian tersebut berdasarkan warnanya. Ini akan melatihnya mengingat nama dan rupa dari warna lewat pakaian tersebut. Mama juga dapat meminta bantuannya untuk menyalakan keran air, menuangkan deterjen, bahkan mengajarinya mengoperasikan mesin cuci.

Menjemur pakaian

Mama pun dapat mengajaknya untuk berlatih menjemur pakaian. Beri ia tugas untuk menjemur pakaiannya di tempat jemuran yang lebih rendah atau dapat dijangkaunya. Mama juga dapat memintanya menjemur kaus kaki yang tidak terlalu berat.

Merapikan pakaian

Karena buah hati masih terlalu dini untuk dapat menyetrika pakaiannya, minta bantuannya untuk melipat dan merapikannya dalam lemari. Beri ia saran untuk merapikan pakaiannya menurut warna atau yang paling disukainya.

Menyapu dan mengepel lantai

Meski Mama belum yakin buah hati akan melakukannya dengan bersih, biarkan kali ini dia mencobanya. Supaya lebih menyenangkan, putar lagu kesukaannya agar tidak bosan. Siapkan juga masker untuk melindunginya dari debu!

Memasak

Pekerjaan yang satu ini juga menjadi favorit. Mama bisa memintanya untuk mengupas atau memotong bahan yang tak perlu menggunakan pisau. Mama juga dapat memintanya untuk menolong Mama mengambil bumbu dapur agar ia juga belajar mengenali rupa dan rasanya.

Mencuci piring

Latih tanggung jawabnya dengan memintanya untuk mencuci piringnya setelah makan. Dampingi buah hati saat mencuci piring atau gelas yang pecah belah. Minta ia untuk mencucinya dengan perlahan agar tidak pecah karena licin.

Menyiram tanaman

Bermain air merupakan kegemaran hampir semua buah hati. Untuk itu, ia pasti tak akan menolak jika Mama mengajaknya melakukan pekerjaan yang satu ini. Mama juga dapat mengajarkannya tentang betapa pentingnya menjaga dan menyayangi lingkungan sekitar seperti tumbuhan dan hewan.

Berbelanja

Berbelanja menjadi satu dari sekian pekerjaan menyenangkan yang dapat Mama lakukan bersama buah hati. Ajarkan ia untuk mengenal nama bahan yang Mama beli. Sesekali beri ia kesempatan untuk melakukan interaksi dengan penjual atau kasir dengan membayar belanjaan Mama.



1 Comment on "Latih Tanggung Jawab Buah Hati dengan Melibatkannya Melakukan Pekerjaan Rumah"

  1. […] Setiap harinya, anak berinteraksi dengan orang tua. Mereka selalu mengamati, mendengar, menyimak, dan mencerna semua apa yang dilakukan orangtua atau orang sekitarnya. Itulah kenapa anak adalah seorang pengikut sejati. […]


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply