Highlights

Cara Memilih Baby Sitter Terbaik Untuk Si Kecil

tips menjaga anak

Ketika pilihan Mama untuk tetap bekerja setelah melahirkan membuat ada list baru yang harus dipikirkan setelahnya. Selain stock ASI untuk makanan buah hati, salah satunya adalah dimana menitipkan sang anak ketika bekerja.

Sangat kecil kemungkinan bahwa sang anak tetap dibawa ke tempat pekerjaan, selain tidak nyamannya sang buah hati pastinya Mama menjadi tidak fokus untuk bekerja.

Menitipkan kepada orang tua pun bukan pilihan yang termasuk baik sebab pastinya selain stamina orang tua tidak seperti kita, pekerjaan ini akan merepotkan. Walaupun ada beberapa para Nenek dan Kakeknya tidak mempermasalahkannya.

Solusinya adalah mencarikan seorang Nanny atau baby sitter. Nanny adalah seorang yang secara khusus mengasuh dan menjaga bayi. Pekerjaan ini sering pilih para Mama karena sangat membantu dalam mengurusi buah hati. Tetapi sekarang ini, pekerjaan itu sulit untuk dilakukan apalagi menemukan nanny yang memang bisa dipercaya.

Beberapa waktu belakangan ini banyak mencuat berita tentang penyiksaan anak yang dilakukan baby sitter. Tidak hanya menyiksa, lebih parahnya lagi adalah menculik sang anak hingga membunuhnya.

Itulah kenapa, para Mama pastinya susah menemukan nanny atau bahkan tidak mau dan percaya untuk menyewa baby sitter.

Tips sebelum Memilih Nanny atau Baby Sitter

Sekarang tidak perlu khawatir bagaimana cara memilih baby sitter atau nanny yang baik, dibawah ini ada beberapa tips yang bisa Mama lakukan:

  1. Mengambil dari Yayasan penyalur baby sitter yang terpercaya

Meninggalkan anak yang masih bayi atau tidak balita memerlukan perawatan yang khusus. Maka dari itu, diperlukan seorang nanny yang memang sudah memiliki sertifikat dan pengalaman dalam merawat bayi.

  1. Mewawancarai secara langsung

Walaupun sudah memilihnya dari sebuah Yayasan, alangkah lebih baiknya melakukan wawancara secara langsung terhadap sang nanny. Saat wawancara, sebisa mungkin Mama dan pasangan lah yang melakukannya. Jangan ada orang lain yang ikut terlibat di dalamnya. Sebab ini merupakan hal terpenting dari pemilihan baby sitter.

Secara langsung mewawancarainya, Mama bisa mengetahui bagaimana postur tubuh dan ekspresinya ketika tanya jawab. Siapkan pertanyaan secara detail agar tidak terjadinya kesalahan karena ini menyangkut sang buah hati.

  1. Ajak sang buah hati terlibat

Ketika proses wawancara, ajak sang anak untuk mengenal “teman barunya” nanti. Selain bisa melihat bagaimana respon anak terhadap nanny nya, Mama juga dapat merasakan bagaimana baby sitter ini mengasuh dengan baik atau tidak.

Saat ini juga Mama bisa menjelaskan karakter anak kepada nanny baru agar ia bisa lebih mudah dekat dengan si kecil.

  1. Menanyakan riwayat pekerjaan

Saat wawancara, jangan lupa untuk menanyakan riwayat perjalanan karir mereka sebagai baby sitter. Dari situ kita bisa mengetahui alasan apa mereka berhenti dari tempat kerja sebelumnya.

  1. Mengenal data diri baby sitter

Selain memilih dari sebuah Yayasan, memperkerjakan nanny dirumah bisa dari berbagai kenalan. Misalnya, kerabat dekat dari ART saudara atau orang tua. Dari mereka, kita bisa mengetahui bagaimana latar belakang keluarganya terlebih dahulu. Ini penting karena bila salah memilih akan mengakibatkan fatal.

Setelah melakukan tips diatas, jangan lupa untuk selalu mengevaluasi kandidat mana yang sesuai. Lebih baik melakukan wawancara dengan lebih 3 baby sitter sehingga kita bisa menimbang – nimbang yang terbaik.

Aturan Yang Harus Ada Antara Orang Tua dan Baby Sitter

Bila sudah memilih siapa yang akan merawat dan menemani si kecil dirumah, buat kesepakatan dan aturan yang berlaku untuk Mama dan si baby sitter. Kesepakatan apa saja?

  • Kesepakatan libur dan jam istirahat

Buatlah perjanjian kapan saja waktu berlibur mereka. Walaupun pekerjaan mereka hanya sebatas di dalam rumah, setiap pekerja wajib mempunyai waktu liburnya. Maka dari itu, tanya kapan ia mau berlibur dan istirahat.

Saat jam bekerja tidak boleh melakukan hal diluar pekerjaan, misalnya penggunaan HP saat bekerja. Buat aturan mengenai main HP kepada baby sitter, di jam berapa mereka boleh bermain.

  • Kebersihan

Anak kecil rentan dengan penyakit, karena sistem daya tahannya tidak sekuat orang dewasa. Maka dari itu kebersihan sangat harus diperhatikan. Baby sitter harus memperhatikan kebersihan ruangan, peralatan makan, peralatan tidur dan lainnya selalu dalam keadaan steril.

Perlunya kebersihan dari diri baby sitter pun harus diperhatikan. Mama harus memberitahu bahwa sang baby sitter harus menjaga dirinya tetap bersih.

  • Kebiasaan sang buah hati

Sebelum mempekerjakan langsung baby sitter dengan buah hati, perlunya Mama memberitahu kebiasaan dan kondisi si kecil kepada baby sitter. Apabila sang anak mempunyai riwayat penyakit, beri tahu dengan secara mendetail supaya tidak salah dalam penangannya.

  • Gaji dan bonus

Beritahu berapa gaji yang diterima olehnya setiap bulannya. Beri mereka gaji yang cukup atau kalau bisa lebih besar untuk pekerjaan berat sebagai baby sitter atau nanny. Jangan segan untuk memberi mereka bonus apabila mereka melakukan pekerjaannya dengan baik.

Dengan memberi gaji dan bonus yang lebih membuat mereka berpikir kembali untuk melakukan perbuatan aneh yang mencelakakan sang anak. Namun biasanya, bila memilih nanny dari sebuah Yayasan, maka ketentuan tersebut sudah disepakati diawal.

Itulah beberapa kesepakatan dan aturan yang sering digunakan ketika ada sang baby sitter atau nanny bekerja dirumah. Masih banyak lagi aturan dan kesepakatan lainnya yang bisa mama pilih. Semua tergantung Mama dan pasangan membuat kesepakatan dan aturan.

Terlepas dari itu semua, jangan melepas sang buah hati sendiri dengan nanny – nya pertama kali. Alangkah lebih baiknya seminggu pertama, Mama memantaunya langsung bagaimana mereka bekerja. Bawalah orang tua atau keluarga lainnya untuk tinggal sementara bersama si kecil dan nanny ketika Mama berpergian atau bekerja. Dengan begitu, Mama akan tenang meninggalkan sang anak dengan nanny – nya.



0 Comments on "Cara Memilih Baby Sitter Terbaik Untuk Si Kecil"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply