Highlights

Cara Membuat Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan

May 4, 2017 By 1 Comment

Para ahli percaya bahwa apa yang dilakukan oleh mama pada saat hamil membawa dampak terhadap kehidupan bayi saat dia dilahirkan ke dunia nanti. Menurut penelitian, otak janin berkembang saat usia 8-14 minggu setelah proses pembuahan terjadi. Proses perkembangan otak ini akan terus berlanjut hingga usia kandungan mama menginjak trimester ketiga. Supaya perkembangan otaknya maksimal maka mama harus melakukan hal-hal yang tepat untuk mencerdaskan bayi sejak dalam kandungan. Sehingga pada saat diahirkan, bayi akan memiliki kecerdasan sesuai dengan harapan mama.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa mama lakukan supaya bisa membuat bayi menjadi cerdas sejak berada dalam kandungan:

Memberikan nutrisi yang baik.

Baik buruknya perkembangan sistem syaraf janin sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh mama. Maka, sebaiknya mama memperhatikan asupan makanan selama hamil. Mama disarankan mengkonsumsi berbagai jenis makanan kaya nutrisi seperti protein hewani dari olahan daging dan ikan, serta makan makanan yang mengandung vitamin A, B, dan C seperti buah-buahan dan sayuran. Selain itu sebaiknya mama banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan Omega 3, Asam Folat, Zat Besi, AA, dan DHA.

Menjauhi zat-zat yang berbahaya.

Selama mengandung, mama sebaiknya menghindari zat-zat berbahaya seperti yang terdapat dalam rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang. Mama juga sebaiknya mengkonsumsi makanan dari bahan alami yang dimasak sendiri. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan instan. Makanan instan yang banyak dijual di toko-toko biasanya mengandung zat-zat berbahaya, seperti zat pengawet, zat pewarna, pemanis buatan, dan MSG yang berlebihan. Zat-zat berbahaya dapat menyebabkan bayi terlahir cacat dan berpengaruh terhadap perkembangannya otak bayi.

Menghindari stress.

Saat hamil, mama dan bayi berbagi hormon. Jadi, apapun emosi yng dirasakan oleh mama juga mempengaruhi bayi. Jika mama mengalami stress atau cemas berlebihan maka mama juga akan melahirkan bayi yang cemas. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa apabila mama mengalami stress selama mengandung maka akan melahirkan bayi yang memiliki Intelligence Quotient (IQ) yang rendah. Maka mama sebaiknya menghindari stress dengan cara mengkomunikasikan apa yang dirasakannya kepada orang-orang terdekat, selalu mengecek kesehatan, tidak bekerja terlalu berat, dan cukup istirahat.

Menjaga kebugaran.

Meskipun sedang hamil, mama hendaknya tetap menjaga kebugaran dengan cara rajin berolahraga. Tentu saja olah raga yang dilakukan harus menyesuaikan dengan kondisi mama. Olah raga ringan yang bisa mama lakukan antara lain jalan kaki, berenang, senam hamil, dan olah raga ringan lainnya.

Melakukan komunikasi dan interaksi dengan bayi sejak dalam kandungan.

Bayi sudah dapat diajak berkomunikasi dan berinteraksi sejak masih dalam kandungan. Maka mama sudah bisa mengajak bicara dan melakukan stimulasi kepada bayi dalam kandungan. Mama juga bisa mengajak bermain, memperedengarkan musik, memperkenalkan anggota keluarga, dan beragam interaksi dengan bayi lainnya.

Berdoa.

Jangan lupa untuk berdoa supaya bisa memberi sugesti positif kepada mama dan bayi bahwa mama akan diberi oleh Tuhan bayi yang cerdas.



1 Comment on "Cara Membuat Bayi Cerdas Sejak Dalam Kandungan"

  1. […] Kemampuan kognitif seperti berfikir, belajar dan proses memecahkan masalah berkembang. Buah hati terbiasa mendengarkan dan mengikuti instruksi orang lain. […]


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply