Highlights

Beauty Hacks Saat Kehamilan

September 19, 2018 By 0 Comments

Tidak gampang namun mudah untuk menjalankan sebagai ibu hamil. Banyak pantangan – pantangan yang harus dipatuhi ibu hamil agar kandungannya sehat hingga persalinan. Namun, dari segala banyak pantangan tersebut, ada beberapa yang memang hanya sebuah mitos. Tidak ada penjelasan secara harafiah kenapa adanya mitos tersebut.

Banyaknya mitos yang beredar mengenai pantangan ibu hamil bisa membuat mereka merasakan bingung hingga berujung stress. Dari sekian banyak mitos yang ibu hamil dengar, salah satunya adalah kebiasaan Mama yang berubah. Ada yang berubah menjadi pemalas adapun menjadi rajin.

Mitos bila ibu hamil rajin berdandan entah untuk pergi atau dirumah maka anak yang dikandung adalah perempuan ataupun sebaliknya. Mitos ini belum ada penjelasan secara medis. Namun secara ilmu seorang ibu hamil memang mengalami perubahan hormon di dalam tubuh. Setiap Mama memiliki hormon yang berbeda, mungkin inilah kenapa kebiasaannya berbeda setiap orang

Pantangan lainnya untuk ibu hamil adalah penggunaan bahan kimia untuk tubuh. Tidak semua kandungan kimia dapat dikonsumsi dan digunakan oleh ibu hamil. apalagi berurusan dengan skincare atau kosmetik. Walaupun menggunakan produk kecantikan yang alami ataupun bagus belum tentu itu cocok dan baik untuk ibu hamil.

Dibawah ini ada beberapa jenis bahan kimia dari beberapa produk skin care yang dilarang keras untuk ibu hamil:

  1. Acetyl Mercaptan, Mercaptoacetate, Mercaptoacetic acid, dan Thiovanic Acid.

Beberapa kandungan ini biasanya ada pada krim pencukur rambut atau hair removal cream. Sebab bahan kimia ini banyak bisa menyerap ke tubuh sehingga tidak baik untuk janin. Ketika ingin melakukan waxing lebih baik secara konvensional menggunakan alat cukur tanpa cream.

  1. Hydroquinone

Banyak yang beranggapan bahwa wanita cantik memiliki wajah putih dan bersih. Karena itu cream pemutih sangat laris di pasaran. Salah satu kandungan pada krim pemutih adalah hydroquinone. Mulai sekarang penggunaan itu harus dihindarkan, perubahan warna kulit pada ibu hamil sangat wajar. Jangan khawatir karena itu hanya sementara dan akan hilang setelah melahirkan.

  1. Tretinoin

Salah satu efek samping perubahan hormone ketika hamil adalah tumbuhnya jerawat pada muka. Karena itu banyak wanita menggunakan skin care untuk mengatasi jerawat. Sebelum menggunakannya lebih lama, perlu diketahui pada produk tersebut terdapat kandungan tretinoin yang sangat tidak baik untuk ibu hamil. Untuk mengatasi jerawat lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter selama kehamilan.

  1. PABA

Bahan kimia ini sering dijumpai pada tabir surya. Para Amino Benzoic Acid (PABA) bisa menyebabkan keseimbangan hormone ibu hamil terganggu yang bisa berisiko pada janin. Sebelum membeli tabir surya (sun screen) periksa kembali kandungannya apakah mengandung PABA untuk menghindari hal tidak baik pada janin.

  1. Retinoid

Wanita yang sudah menginjak umur 30 memang rentan muncul kerutan di ujung matanya. Salah satu menguranginya adalah menggunakan skincare anti-aging. Ketika hamil, kebiasaan ini wajib dihentikan. Sebab anti-aging atau nama lainnya retinoic acid sangat berbahaya untuk janin. Resikonya sangat berbahaya sebab bisa membuat cacat pada janin.

  1. Formaldehyde

Bila sering menggunakan pewarna kuku atau produk pelurus rambut perlu dilihat kembali apakah kandungan di dalamnya tidak mengandung baha formaldehyde. Sebab kandungan ini bisa berisiko memicu kanker pada wanita. Selain formaldehyde ada quaternium-15, dimethyldimethyl (DMDM), hydantoin, imidazolidinyl urea, diazolidinyl urean, 2-bromo-2-nitropropane-1,3-diol (bromopol). Itu semua harus dihindarkan sekarang juga.

Skincare Untuk Ibu Hamil

Itulah beberapa kandungan yang harus dihindari oleh ibu hamil agar kehamilannya berjalan dengan lancar dan sehat. Lalu kosmetik apa yang bisa digunakan oleh ibu hamil? Semua produk bisa digunakan apabila tidak ada bahan – bahan yang mengganggu kesehatan ibu hamil. Ada beberapa saran yang bisa dipilih untuk kosmetik ibu hamil.

  • Pelembab sangat penting untuk muka. Pilihlah sun screen tinted moisturizer. Jenis ini memiliki kandungan yang ringan untuk muka sehingga aman digunakan oleh ibu hamil. Walaupun krim pelindung UV ini tidak dapat bertahan lama seperti merek lainnya, menjaga wajah dari matahari bisa diatasi dengan menggunakan topi lebar dan kacamata.
  • Bedak adalah salah satu kosmetik wajib yang dipunya wanita manapun. Berbagai jenis varian terjual, dari padat hingga tabur. Untuk ibu hamil pilihlah yang tidak mengandung mineral oil, lanolin, DEA, SLS, petrolatum, formaldehyde, dan hydroquinone. Bila dalam tulisan ingredients tidak ada satupun diatas, maka sudah dipastikan sangat aman untuk ibu hamil.
  • Ketika hamil ataupun setelah melahirkan, rambut menjadi permasalah pertama bagi mama. Beberapa mengalami rontok rambut yang berlebihan. Maka dari itu shampoo dan conditioner menjadi penting yang wajib diperhatikan. Shampoo dan conditioner bebas sulfat yang sangat pas digunakan oleh mama.

itulah beberapa saran skincare yang bisa digunakan oleh ibu hamil. Cara terbaiknya Mama bisa membuat sendiri kosmetik ataupun skincare menggunakan bahan alami. Sudah banyak bahan – bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan tubuh. Selain bahan tersebut alami, penggunaan home made ini bisa memangkas pengeluaran lebih banyak,. Selamat mencoba!



0 Comments on "Beauty Hacks Saat Kehamilan"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply