Highlights

9 Jenis Olahraga yang Aman untuk Mama Hamil

May 4, 2017 By 1 Comment

Selama masa kehamilan, kondisi tubuh perempuan mengalami banyak perubahan. Organ-organ tubuh pun bekerja lebih keras karena menopang kehamilan. Akibatnya mama hamil sangat mudah merasa lelah, sering mengalami sakit pinggang, kram, pusing, dan rasa tak nyaman lainnya. Itulah mengapa mama hamil disarankan untuk tidak melakukan aktivitas yang berat. Meski begitu, sebaiknya kondisi hamil tidak dijadikan alasan bagi mama hamil untuk bermalas-malasan sepanjang waktu. mama hamil pun dianjurkan untuk tetap berolahraga, supaya menjaga kebugaran badan dan kesehatan kandungannya.

Banyak sekali manfaat yang bisa mama hamil dapatkan dari melakukan olahraga, yakni antara lain:

  • Mengurangi rasa tak nyaman yang dialami selama kehamilan

Olahraga akan meregangkan dan memperkuat otot-otot dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih toleran terhadap rasa nyeri atau sakit yang dirasakan selama kehamilan.

  • Bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Biasanya mama hamil kerap mengalami insomnia karena bingung menentukan posisi tidur yang nyaman ataupun merasakan nyeri pada bagian tubuh tertentu. Dengan melakukan olahraga maka mama hamil akan membuang energi yang mengakibatkan rasa capek, sehingga saat tidur bisa lebih nyenyak.

  • Bisa menambah energi.

Dengan berolahraga maka tubuh akan melepaskan endorphin, yakni sebuah senyawa kimia yang dihasilkan oleh otak yang bisa menghasilkan rasa tenang. Saat endorphin terlepas ke dalam darah maka akan memberikan tambahan energi untuk mama hamil. Selain itu, rasa kelelahan yang dirasakan mama hamil saat berolahraga, mungkin hanya akan dirasakan di awal-awal. Namun, jika sudah terbiasa melakukannya, maka rasa lelah itu akan terbiasa diterima oleh tubuh. Keuntungannya, saat proses persalinan, maka mama hamil akan mempiliki energi yang cukup dan tidak akan mudah lelah.

  • Mengurangi stress.

olahraga dapat meningkatkan serotonin, yakni reaksi kimia otak yang bisa mempengaruhi mood. Hal ini bisa membantu mama hamil jadi lebih bersemangat dan mengurasi stress dan kecemasan sebelum persalinan.

  • Bisa membantu mempermudah proses persalinan.

olahraga akan membentuk stamina yang bagus, yang sangat dmamatuhkan mama hamil saat persalinan nanti. Makin bagus stamina, maka proses persalinan akan menjadi lebih mudah.

Tentu saja, olahraga yang dilakukan oleh mama hamil sebaiknya menyesuaikan dengan kondisi kehamilannya. Berikut adalah sembilan jenis olahraga yang aman dilakukan dalam masa kehamilan:

  • Berjalan kaki.

Berjalan kaki adalah salah satu olehraga yang paling aman untuk mama hamil. Berjalan kaki bisa membuat mama hamil merasa tenang dan meredakan stress. Namun, sebaiknya jangan berjalan terlalu cepat, karena berjalan kaki di sini tidak untuk menurunkan berat badan.

  • Menari.

Musik yang mengiringi mama hamil menari bisa memberikan efek hmamaran. Gerakan menari bisa memperkuat otot jantung dan paru-paru, serta otot dasar panggul. Menari juga dapat menjaga tulang punggung tetap lentur.

  • Yoga.

Yoga bisa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Yoga juga mampu meningkatkan ketenangan dan mengelola emosi.

  • Kegel

Kegel bisa memudahkan proses persalinan yang memudahkan kelhiran bayi tanpa banyak merobek jalan lahir.

  • Angkat Beban

Berlatih angkat beban bisa memperkuat otot sendi. Beban yang diangkat tentu saja hanya maksimal hanya setengah dari yang biasa digunakan saat tidak sedang hamil.

  • Sepeda Statis

mama hamil dianjurkan berolahraga sepeda statis sebab medannya lebih rata dan lebih seimbang. Dengan berlatih sepeda statis maka otot kaki akan menjadi lebih kuat.

  • Hip

Hip adalah suatu teknik yang memadukan antara pernafasan dengan otot untuk mama hamil. Gerakannya mirip dengan gerakan saat melahirkan, yakni memposisikan badan dengan terlentang menghadap ke atas dan kaki ditekuk di bagian lutut. Kemudian tarik nafas, hembuskan, dan kencangkan pinggang seolah mengejan. Gerakan ini melatih persiapan persalinan.

  • Berenang

Berenang bisa melatih otot-otot besar di kaki maupun tangan. Berenang juga bisa mengurangi tekanan pada bagian punggung yang mudah merasa lelah.

  • Senam Aerobik

Penelitian menyebutkan bahwa senam aerobik dapat mengurangi risiko menjalani operasi caesar/ pembedahan. Senam aerobik yang disarankan adalah yang low impact. Musik senam bisa membuat mama menjadi lebih rileks dan juga melatih pernafasan.

Sebelum melakukan olahraga sebaiknya mama hamil berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan mengenai kondisi dan jenis-jenis olahraga yang boleh atau tidak dilakukan. Hal ini untuk menghindari risiko kesehatan mama dan kandungan dari olahraga yang akan dijalani.



1 Comment on "9 Jenis Olahraga yang Aman untuk Mama Hamil"

  1. […] makan makanan yang seharusnya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, bahkan ada yang masih melakukan olahraga berat seperti fitness atau olahraga […]


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply