Highlights

Mengenang Stan Lee, Inilah Manfaat Mengajak Sang Anak Membaca Komik!

November 14, 2018 By 0 Comments

Apa yang terlintas setelah mendengar kata Marvel? Pastinya superhero seperti Spiderman, Iron Man, Captain America, Thanos hingga Hulk yang ada di pikiran. Sudah berpuluh – puluh tahun karakter superhero ini tetap digemari hingga sekarang. Dari buku komik hingga film, superhero ini selalu mempunyai tempat dihati oleh para penggemarnya.

Pastinya para Mama dan Ayah dirumah sudah mengenal tokoh – tokoh ini bukan? Atau malah penggemar berat karakter Marvel? Siapa tokoh favorit Mama dan Ayah? Pastinya semua bukan. Lantas apakah para Mama mengetahui siapa otak dibalik para tokoh tersebut? Ya beliau adalah Stan Lee.

Stan Lee adalah orang yang menciptakan karakter pahlawan super Marvel untuk Spiderman, Iron Man, Captain America, Black Widow, dan Hulk. Captain Amerika menjadi karakter superhero yang diperkenalkan oleh Stan Lee pada tahun 1941. Hingga sekarang sudah banyak superhero lainnya yang digarap oleh beliau.

Tahun ini menjadi tahun menyedihkan bagi penggemar karakter Marvel sebab pada tanggal 12 November Stan Lee menghembuskan napas terakhirnya di Los Angeles, California Amerika Serikat. Komikus dan aktor berumur 95 tahun ini meninggal akibat penyakit Pneumonia yang dideritanya.

Dedikasinya terhadap dunia perkomikan karena beliau sangat mencintai penggemarnya. Ia merasa memiliki kewajiban untuk terus membuat yang terbaru untuk para pecintanya. Selain membuat komik, Stan Lee pun ikut serta dalam pembuatan film Marvel. Terakhir ia muncul sebagai cameo di film Avengers: Infinity War dan Deadpool 2.

Setiap karakter yang diciptakan pastinya mempunyai maksud tersendiri di dalamnya entah adanya sentuhan ilmiah, teknologi dan idealisme. Itulah kenapa komik Marvel bisa direkomendasikan untuk dibaca oleh semua kalangan, apalagi untuk anak – anak.

Banyak para Mama yang tidak membiarkan sang anak untuk memilih komik untuk dibaca atau dilihatnya. Para Mama lebih suka untuk memberikan buku bacaan agar anak bisa mempelajarinya juga. Sebenarnya itupun tidak ada permasalahan yang besar.

Ada perbedaan yang perlu Mama tahu antara komik dengan buku bacaan. Tentu Mama tahu komik merupakan buku bacaan yang lebih banyak bergambar dibanding bacaan. Bahkan ada beberapa komik yang tidak ada bacaan hanya dialog antar tokohnya.

Karena itulah beberapa Mama khawatir memberikan komik untuk sang anak yang tidak memiliki manfaat lebih. Sebenarnya dengan membaca komik sangat banyak manfaat yang diterima untuk sang anak. Perlu diingat, pengetahuan bisa didapat darimana saja, tidak hanya dari sebuah buku bacaan saja, bahkan komik pun bisa didapatkannya.

Manfaat Membaca Komik

Apa saja manfaat membaca komik untuk anak? Dibawah ini ada beberapa manfaat yang bisa Mama pahami dari sebuah komik:

  • Memberikan hiburan kepada anak

Anak pastinya sangat senang melihat yang memiliki banyak warna atau bergambar. Komik bisa menjadi alternative hiburan yang gampang untuk anak. Selain itu komik menjadi hiburan yang murah sebab harga sebuah komik jauh lebih miring dibanding buku bacaan.

  • Daya imajinasi yang tinggi

Penyampaian cerita dalam komik digantikan dengan gambar. Dengan begitu bisa mengembangkan imajinasi yang lebih efektif untuk anak dari sebuah komik. Dari situ ia bisa berimajinasi alur cerita komik dengan bercerita kepada orang lain. Selain imajinasi yang tinggi, dengan komik bisa membuat sang anak meningkatkan daya ingatnya. Cara yang menyenangkan namun bermanfaat untuk dewasanya nanti.

  • Menyalurkan bakat

Apabila sang anak memiliki bakat dalam menggambar, dari komik ia bisa meniru untuk menggambar ulang tokoh – tokoh yang ada di dalam komik. Dari sini anak bisa lebih kreatif dalam menyalurkan bakatnya tersebut.

  • Mempererat hubungan antar orangtua dan anak

Bounding efektif untuk Mama dan sang buah hati ketika membaca komik atau buku bersama. Apalagi untuk Mama yang kesehariannya adalah bekerja. Dengan menemani anak membaca komik atau mendengarkan anak bercerita tentang komik yang ia baca bisa membantu dalam memperkuat hubungan Mama dan Anak.

  • Menghabiskan waktu libur dengan maksimal

Sebagian Mama yang mendedikasikan waktunya untuk anak memang sangat membahagiakan sebab setiap waktu bisa digunakan untuk bertemu anak. Lain halnya dengan para Mama yang bekerja setiap harinya. Ketika hari libur tiba pastinya mencari cara bagaiman untuk menghabiskan waktu dengan sang anak.

Dengan membaca komik bersama tentu menjadi solusi yang mudah untuk menghabiskan waktu dihari libur. Tidak perlu liburan mewah ataupun susah, dengan berdiam diri dirumah hari libur pun bisa digunakan secara maksimal. Selain bisa bercengkrama lebih banyak dengan anak, kita bisa mengetahui sudah sejauh mana perkembangan anak. Selain quality time bersama anak, menghabiskan akhir pekan dirumah bisa memperat hubungan suami istri.

Masih banyak lagi manfaat dari membaca komik, tidak hanya untuk kesenangan tetapi lebih dari itu. Meskipun begitu, kita sebagai orang tua harus memilih jenis buku komik apa yang pantas untuk anak di usianya. Ratusan hingga ribuan komik sudah tersebar dengan berbagai jenis yang bisa dipilih untuk sang anak. Salah satunya komik ciptaan Stan Lee tersebut. Banyak pembelajaran yang bisa diambil dari cerita Marvel yang dituangkan oleh legendari Marvel tersebut. Bahkan komik bukan hanya hiburan untuk anak, bisa juga untuk para Mama dan Ayah dirumah.



0 Comments on "Mengenang Stan Lee, Inilah Manfaat Mengajak Sang Anak Membaca Komik!"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply