Highlights

Jenis Makanan Penambah Stamina Menjelang Persalinan

September 28, 2018 By 0 Comments

Melahirkan membuat perubahan besar untuk kehidupan seorang wanita. Mentaruhkan nyawa diri sendiri, seorang ibu mencurahkan segala tenaganya demi menyelamatkan sang buah hati untuk hidup. Itulah kenapa mama hamil yang akan melahirkan memerlukan kondisi fisik yang sehat.

Banyak tenaga yang terkuras saat persalinan berlangsung, tidak hanya 3 – 4 jam saja bahkan hingga berhari – hari. Itulah kenapa mama hamil harus mempersipakan diri secara maksimal sebelum persalinan. Sejak memasuki trimester ketiga, mama hamil harus mempersiapkan pendukungnya untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Selain olahraga fisik dan yoga hamil, makanan perlu diperhatikan agar persalinan berjalan dengan lancar.

Saat HPL sudah dekat, beberapa mama hamil hanya mempersiapkan mental saja. Bagaimana mereka menjaga dan mengatur emosi untuk tidak cemas. Padahal makanan sangat mempengaruhi proses persalinan.

Ketika dinyatakan hamil, para Mama sudah mendapatkan HPL sehingga bisa mengatur susunan makanan penambah energi di trimester ketiga bahkan dari trimester awal. Selain vitamin, dibawah ini ada beberapa pilihan yang bisa dijadikan menu makanan untuk menambah energi ketika persalinan:

  • Yogurt

Sudah banyak yang tahu bahwa minuman yang satu ini memang sangat baik untuk mama selama kehamilan. Ternyata ini juga sangat baik dikonsumsi ketika masa persalinan hampir tiba. Sebab yogurt mengandung karbohidrat dan protein yang bisa menambah energi. Makanan ini sangat mudah untuk dibawa – bawa karena pengemasan yang mirip dengan minuman.

Cara persajiannya pun beragam, bisa dicampur oleh buah – buahan segar dan kacang – kacangan atau dimakan secara langsung. Yogurt pun bisa dijadikan makanan penunda lapar sebelum jam makan tiba.

  • Biscuit dan roti

Kue kering ini selalu selalu menjadi pilihan masyarakat untuk makanan penunda lapar. Apalagi untuk mama hamil yang sering merasakan lapar setiap waktunya. Biscuit menjadi pilihan yang tepat untuk menambah energi. Kandungan karbohidrat di dalamnya bisa menyimpan energi. Pemilihan biscuit pun harus yang mempunyai kandungan sehat, pilih biscuit gandum ataupun plain. Hindari biscuit yang mempunyai rasa terlalu asin atau krim. Biscuit asin bisa membuat darah tinggi, dan biscuit krim membuat mual.

Sarapan dengan roti pun bisa dipilih untuk menambah energi. Roti yang bisa dipilih seperti roti gandum atau kue beras. Tak memerlukan isi berat, roti polos ataupun tawar pun sudah memenuhi energi lebih lama.

  • Buah – buahan

Tidak hanya untuk mama hamil, buah – buahan memang sangat penting dikonsumsi oleh semua orang, apalagi untuk mama yang sedang hamil. Buah – buahan memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan janin di dalam kandungan. Untuk mama yang sedang menunggu proses lahiran, memakan buah – buahan sangat baik karena mengandung vitamin, mineral dan air yang bisa memperlancar proses persalinan.

Seperti yang kita tahu, hampir semua jenis buah memiliki manfaat yang baik. Untuk menambah energi ketika persalinan, pilihlah buah seperti alpukat, pisang, atau apel yang dapat menambah energi tubuh. Hindari buah yang memiliki rasa asam untuk menghindari diare.

  • Madu

Madu adalah salah satu makanan yang sangat baik dikonsumsi ketika persalinan di depan mata. Gizi yang terkandung dalam madu sangat membantu untuk mama hamil sebagai sumber energi yang tinggi. Madu sebagai obat penambah energi dan pertahanan body yang paling tinggi untuk mama hamil. Selain itu madu bisa mengurangi lelah akibat aktifitas sehari – hari. Ketika saat persalinan, madu bisa membantu bayi mengeluarkan cairan yang terminum tidak sengaja. Bahkan madu bisa menetralisir darah pasca melahirkan.

Banyak yang mengatakan madu tidak aman bagi mama hamil, gula yang terkandung sangat banyak sehingga menimbulkan masalah lainnya. Satu hal yang perlu diperhatikan, apapun yang berlebihan sangat tidak baik untuk tubuh, tidak hanya mama hamil tetapi untuk semua. Karena itu perlu diperhatikan ketika mengkonsumsinya. Cara tepatnya adalah hanya tiga atau lima sendok makan dalam sehari, tidak boleh lebih. Sebab kalori gula yang dibutuhkan dalam tubuh hanya 10% dari total keseluruhan, dimana gula hanya boleh 180 hingga 200 kalori sehari. Sesendok madu mengandung sekitar 60 kalori.

  • Daging ayam

Asam amino yang ada pada daging ayam bisa membantu otot tetap kuat saat proses persalinan. Makanan berprotein ini sangat dianjurkan untuk mama hamil dalam menu sehari – hari. Dalam sepotong daging dada ayam mengandung 27-gram protein sangat cukup menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh, khususnya mama hamil.

Itulah beberapa makanan yang bisa dijadikan menu makanan setiap hari untuk ibu hamil yang sedang menunggu proses persalinan. Namun jangan lupakan nutrisi lainnya untuk kebutuhan lainnya untuk mama hamil.



0 Comments on "Jenis Makanan Penambah Stamina Menjelang Persalinan"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply