Highlights

Hewan, Teman Bermain Yang Pas Untuk Anak

Memelihara hewan dirumah adalah keputusan yang sulit untuk sebagian orang apalagi bila mempunyai buah hati yang masih kecil. Banyak alasan kenapa para orang tua tidak mau memperkenalkan hewan kepada sang anak. Dari segi kesehatan dan kesibukan orang tua adalah alasan utama kenapa tidak memelihara hewan dirumah.

Memperingati hari hewan sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Oktober ini, rumpibayi akan membahas manfaat memelihara hewan dirumah untuk sang buah hati. Keputusan ini sangat pro kontrak dikalangan masyarakat. Ada yang berpendapat bahwa memelihara hewan dirumah akan mendatangkan penyakit untuk sang anak, namun ada pula yang berpendapat bahwa memelihara binatang mempunyai banyak manfaat.

Manfaat Memeilihara Hewan

Lantas apakah memelihara binatang dirumah adalah keputusan yang baik? Apa saja manfaat yang bisa diambil untuk keluarga khususnya bagi sang anak? Dibawah ini ada beberapa manfaat dari memelihara hewan dirumah:

  • Sebagai media pembelajaran

Tidak hanya melalui buku, belajar juga bisa melalui hewan peliharaan dirumah. Apalagi tentang pembelajaran emosional dan kognitif. Dari memelihara hewan, anak diajarkan untuk bertanggung jawab atas hewan yang dipeliharanya. Bagaimana ia mengurus hewan hingga perawatan kesehatannya, walaupun itu semua masih dikendalikan oleh orang dewasa lainnya.

Dari hewan pun, anak diajarkan untuk menjadi orang penuh kasih sayang dan berempati. Dengan begitu ia bisa mengontrol emosinya dengan baik. Sifat ini yang harus diajarkan kepada anak sejak dini karena menjadi orang baik tidak muncul begitu saja ketika dewasa. Perlu adanya pelatihan agar anak menjadi orang yang peduli terhadap masyarakat. Hewan menjadi alat yang baik untuk mengasah itu semua.

  • Meningkatkan rasa percaya diri

Hewan adalah makhluk yang mudah mencintai siapapun yang mencintainya. Karena itulah hewan menjadi teman setia untuk sang anak. Mereka akan selalu mendamping sang anak apapun aktivitasnya. Anak akan dengan mudahnya mencurahkan isi hatinya kepada hewan daripada kepada orang sekitarnya, karena hewan akan selalu mendengarkan apapun yang dikatakan kepadanya tanpa menghakimi. Itu sangat baik membangun rasa percaya diri sang anak.

  • Mengurangi alergi

Kontra yang terjadi di masyarakat adalah memelihara hewan dirumah akan mendatangkan penyakit dirumah salah satunya adalah alergi. Sebenarnya memelihara hewan dirumah bisa mengurangi resiko alergi pada anak menurut sebuah studi yang dilakukan seorang dokter anak dan kepala departemen alergi dan imunologi di Medical College of Georgia, Dennis Ownby, MD. Beliau memaparkan bahwa anak sejak bayi sudah bersosialisasi dengan hewan lebih kecil kemungkinannya terkena alergi hewan.

Meskipun hewan bisa membuat anak tidak mudah sakit, kesehatan mereka pun harus diperhatikan. Pastikan hewan – hewan peliharaan dirumah dilakukan pengecekan rutin ke dokter agar terhindar dari virus jahat.

Cara Memperkenalkan Hewan Pada Anak

Itulah beberapa manfaat dari hewan peliharaan untuk sang anak. Mulai sekarang jangan pernah takut untuk memberikan anak hewan untuk dipelihara. Tidak semua anak dengan mudah menyukai hewan secara langsung. Untuk mengenalkan hewan kepada sang anak ada beberapa cara yang bisa dilakukan Mama, diantaranya adalah:

  • Buku cerita hewan

Tahap awal atau pertama yang bisa dilakukan Mama adalah membelikannya buku cerita bergambar hewan. Pastikan buku tersebut mempunyai isi cerita tentang habitat berbagai binatang. Dari situ anak akan mendapat pengetahuan mengenai kehidupan binatang seperti sifat, pola hidup dan pesan moral yang bisa dipetik. Ceritakan dengan menyenangkan agar anak tertarik untuk memelihara binatang.

  • Menonton film atau video binatang

Selain buku, film juga menjadi alternative lain dalam memperkenalkan anak pada hewan. Bila buku hanya melihat gambar saja, pada video, mereka bisa melihat langsung bagaimana hewan tersebut hidup. Tentunya ketika menonton video atau film tersebut, mama harus mendampinginya agar bisa menjelaskan langsung hewan yang ada di video tersebut.

  • Mengajak berlibur ke kebun binatang

Melihat langsung hewan juga bisa menjadi cara ampuh memperkenalkan anak pada berbagai jenis hewan. Luangkan lah waktu hari libur sejenak untuk mengajak anak pergi ke kebun binatang terdekat. Disana ia bisa memahami bagaimana hewan berinteraksi dan perbedaan setiap hewan.

Pilihan Hewan Yang Dijadikan Peliharan

Lalu jenis hewan apa yang baik untuk dipelihara di rumah? Rumpibayi memberikan beberapa pilihan hewan yang bisa dijadikan teman bermain untuk anak:

  1. Kucing

Dari beberapa jenis hewan, kucing merupakan jenis hewan jinak yang mudah untuk dipelihara. Kucing menjadi pilihan karena hewan ini dapat merasakan suasana hati pemiliknya.

Walaupun kucing adalah hewan independent, yang tidak membutuhkan waktu besar tetapi kucing butuh perhatian yang khusus. Dari segi makanan, tempat tinggal, dan kesehatannya pun harus dijaga sedemikian rupa. Apalagi kucing akan berinteraksi dengan sang anak. Lakukan check kesehatan dan beri vaksin secara rutin agar terhindar dari berbagai jenis penyakit.

  1. Ikan

Hewan yang tidak memerlukan perawatan intensif adalah ikan. Hewan ini sangat aman dijadikan peliharaan daripada hewan darat lainnya. Mereka hanya memerlukan makanan pellet, akuarium dan gelembung udara untuk memberikan udara yang cukup di dalam akuarium. Perawatannya pun hanya rutin menguras air agar akuarium tetap terjaga kebersihannya.

  1. Kelinci

Hewan bertelinga panjang ini merupakan salah satu hewan jinak yang bisa dipelihara di rumah. Pembawaannya yang riang dan aktif membuat hewan ini pas dijadikan peliharaan. Ketika memelihara kelinci yang perlu diperhatikan adalah kebersihan kandangnya. Karena kelinci sangat banyak memakan, maka kandang sangat mudah kotor. Itu yang bisa membuat kelinci bau dan mudah terkena penyakit.

  1. Hamster

Hewan imut yang memiliki badan kecil ini sangat aman dijadikan teman bermain untuk anak. Perawatannya pun cukup gampang. Mereka hanya memerlukan kandang yang bersih dan mainan mereka. Hamster merupakan jenis hewan yang sensitive, kandang kotor atau pemberian makan yang salah, bisa bisa mereka sakit bahkan mati.

  1. Anjing

Anjing menjadi alternative hewan peliharaan yang dipilih untuk teman bermain. Selain itu anjing bisa dijadikan penjaga rumah ketika anggota keluarga berpergian. Daripada hewan yang lain, anjing dikenal sebagai sahabat manusia yang paling setia. Itulah kenapa banyak orang memilih anjing untuk dipelihara.

Satu hal ketika mama mau mengadopsi anjing adalah pemilihan jenis anjing yang cocok dijadikan peliharaan. Tidak semua jenis anjing bisa dijadikan teman bermain untuk anjing. Sebelum memilihnya, lebih baik menguji terlebih dahulu apakah anjing tersebut bisa bersahabat dengan kita atau tidak khususnya kepada anak kecil.



0 Comments on "Hewan, Teman Bermain Yang Pas Untuk Anak"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply