Highlights

Hari Anak Sedunia, Bahagiakan Sang Anak Dengan Berekreasi

November 21, 2018 By 0 Comments

November menjadi bulan yang sangat mengembirakan untuk keluarga di dunia, sebab di bulan ini ada dua peringatan sekaligus. Tanggal 12 November kemarin, diperingati sebagai Hari Ayah Sedunia. Kemarin, tepatnya tanggal 20 November, diperingati sebagai Hari Anak Sedunia.

Apa sebenarnya Hari Anak Sedunia ini? Sejak kapan Hari Anak Sedunia ini diperingati?

Hari Anak Sedunia

Hari Anak Sedunia ditetapkan pada tanggal 20 November oleh Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) pada tahun 1954. Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anak – anak dan mensadarkan dunia tentang hak – hak yang harus didapat oleh anak – anak. Hak tersebut berupa mendapatkan perlindungan dan hak untuk berkembang dengan baik. Mereka berhak untuk mendapatkan perlakukan sebagaimana mestinya. Apalagi seperti berita yang beredar diluaran sana sudah banyak eksploitasi terhadap anak – anak.

Peringatan Hari Anak Sedunia juga bertujuan untuk membahagiakan anak – anak. Tujuan ini masih berhubungan dengan hak asasi anak – anak. Mereka memerlukan lingkungan yang nyaman dan kesejahteraan yang aman.

Sangat mudah membahagiakan anak – anak. Salah satunya adalah rekreasi. Mengajak anak untuk berekreasi sudah memenuhi salah satu hak yang harus dipenuhi. Rekreasi pun bisa dikatakan sebagai pendidikan non – formal untuk anak. Dari sini sang anak mendapat pengetahuan dan wawasan selain dari sekolah maupun rumah. Itulah kenapa liburan atau rekreasi ini sangat dinantikan oleh anak – anak.

Bukan hanya untuk anak – anak, sebenarnya ini juga sangat penting dilakukan untuk Mama dan pasangan. Melakukan rekreasi bisa melepas penat dan menghilangkan rasa bosan akibat kegiatan sehari – hari. Rekreasi pun bisa meningkatkan hubungan antara Mama dan sang anak. Apalagi Mama sebagai orang tua yang sibuk dalam kesehariannya sehingga sangat jarang mendapat quality time bersama anak.

Sayangnya rekreasi tidak semudah itu, apalagi keterbatasan waktu antara orang tua bekerja dengan kegiatan anak terhadap kegiatan sekolahnya. Salah satunya menunggu waktu yang pas antara orang tua dan anak. Karena tidak adanya waktu untuk berlibur, orang tua sering mengabaikan pentingnya rekreasi ini.

Pilihan Wisata Edukasi Untuk Anak

Sebenarnya memilih rekreasi tidak perlu yang jauh ataupun mahal. Sekarang sudah banyak destinasi yang murah dan terjangkau untuk dikunjungi. Tidak memerlukan waktu yang lama dan panjang untuk bisa merasakannya.

Dibawah ini ada beberapa pilihan destinasi yang bisa dipilih untuk rekreasi bersama anak – anak:

Taman Mini Indonesia Indah – Jakarta

Terletak di Cipayung, Jakarta Timur, Taman Mini Indonesia Indah menjadi tempat wisata yang pas untuk edukasi dan hiburan. Banyak pelajaran yang didapat dari TMII ini. Dari belajar mengenai keberagaman indonesia, kekayaan alam hingga historical museum di dalamnya.

Ada lebih dari 20 objek wisata yang bisa dikunjungi di TMII. Destinasi paling terkenal adalah miniature pulau – pulau di Indonesia yang bisa dilihat dari atas menggunakan kereta gantung TMII. Selain itu ada 32 anjungan dari seluruh Indonesia yang bisa dikunjungi secara gratis.

Taman Mini Indonesia Indah pun memiliki beberapa museum seperti Museum IPTEK, Museum Transportasi, Museum Prangko dan sebagainya. Masih banyak lagi wahana lainnya yang bisa dikunjungi untuk berwisata.

Planetarium Taman Ismail Marzuki – Jakarta

Ingin menyaksikan dan mempelajari tentang rasi bintang dan astronomi, Planetarium menjadi tempat yang pas untuk menghabiskan akhir pekan bersama buah hati. Terletak di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Planetarium merupakan salah satu wahana simulasi langit di Indonesia. Selain di Jakarta, Planetarium ada di Kutai, Kalimantan Timur, dan Surabaya, Jawa Timur.

Belajar langsung tentang tata surya, tempat ini sangat tepat untuk dikunjungi. Apalagi disini kita bisa langsung meneropong benda langit menggunakan teleskop yang telah disiapkan. Biasanya kegiatan ini dilakukan diwaktu tertentu apabila sedang adanya peristiwa astronomi.

Taman Buah Mekarsasi – Bogor

Belajar sambil makan langsung buah – buahan, Taman Buah Mekarsari adalah tempat yang pas untuk dikunjungi. Taman yang memiliki luas hingga 264 hektar ini penuh ditanami berbagai macam jenis buah dan sayuran.

Taman yang berada di Cileungsi, Kabupaten Bogor ini bisa menjadi destinasi yang harus dikunjungi saat akhir pekan. Selain bisa belajar tentang tanaman buah dan sayuran, disini terdapat wahana outbound yang seru untuk dijelajahi oleh anak.

Wahan Rumah Hobbit, Rabbit House pun tak tertinggal untuk bisa dikunjungi. Anak – anak pun bisa menunggang kuda, memberi makan kura – kura atau wisata air lainnya.

Bahkan apabila Mama dan Ayah menginginkan merasakan sensasi menginap di rumah pohon, Taman Buah Mekarsari bisa menjadi pilihan.

Jendela Alam – Bandung

Sedikit jauh dari Jakarta, tempat wisata Jendela Alam juga bisa masuk dalam list liburan bersama anak – anak diakhir pekan. Wisata edukasi ini mengajarkan anak – anak lebih mengenal berbagai binatang dan tumbuhan. Disini anak – anak akan diajarkan bagaimana cara memberi makanan kepada binatang hingga bertani.

Berada di Lembang, Bandung Jawa Barat, Jendela Alama membebaskan anak – anak berinteraksi langsung dengan binatang dan tumbuhan. Walaupun begitu tetap ada pengawasan dari berpengalaman.

Crayon’s Craft & Co – Bandung

Masih berada di Bandung, Jawa Barat, tempat ini sangat direkomendasikan untuk para orang tua yang menginginkan sang anak lebih kreatif. Meskipun ini bukan sebuah tempat wisata seperti yang diatas, tetapi disini sang anak akan digali jiwa kreatifitasnya.

Crayon’s Craft & Co adalah tempat pembuatan miniature terbesar di Indonesia. Ada banyak kursus yang diambil, seperti membuat clay (tanah liat), menjahit, menghias gelas, hingga memasak. Keterampilan ini sangat dibutuhkan untuk buah hati untuk mengembangkan otak kanannya sehingga lebih kreatif. Kursus ini pun bisa diikuti oleh para Mama yang ingin lebih kreatif.



0 Comments on "Hari Anak Sedunia, Bahagiakan Sang Anak Dengan Berekreasi"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply