Highlights

9 Peralatan Memerah ASI yang Wajib Dimiliki Working Mom

May 4, 2017 By 0 Comments

Apakah mama adalah working mom atau mama yang bekerja, namun ingin tetap sukses memberikan Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif kepada buah hati mama? Hal tersebut bukan lagi sesuatu yang mustahil untuk dilakukan pada masa sekarang. Sebab seiring kemajuam zaman, membuat makin banyaknya informasi dan kesadaran mama mengenai pentingnya ASI Ekslusif, sehingga makin banyak juga mama yang bekerja sukses menyusui.

Ada tiga hal yang sangat mempengaruhi kesuksesan mama dalam memberikan ASI Ekslusif, antara lain:

Tekad kuat untuk menyusui ekslusif selama 6 bulan dan melanjutkannya hingga bayi berusia dua tahun.

Mama sebaiknya sebaiknya memiliki mental dan tekad yang kuat untuk memberikan ASI Ekslusif kepada bayi. Yakinkan orang-orang terdekat, terutama suami dan keluarga bahwa mama pasti bisa sukses menyusui. Mintalah dukungan kepada mereka. Mama juga harus meyakini bahwa ASI mama cukup untuk kebutuhan bayi hingga usia bayi dua tahun.

Pengetahuan mengenai pentingnya ASI.

Memberikan ASI bagi mama yang bekerja bukanlah hal yang mudah. Mama harus memiliki bekal pengetahuan yang cukup tentang cara memerah ASI serta cara menyimpan ASI Perah supaya awet dan layak dikonsumsi oleh bayi.

Memiliki peralatan memerah ASI.

Saat hamil sebaiknya selain mempersiapkan kebutuhan dan perlengkapan bayi seperti pakaian, peralatan mandi, dan perlengkapan makan bayi, sebaiknya mama juga mempersiapkan peralatan memerah ASI. Tidak perlu membeli peralatan memerah ASI yang mahal, yang penting nyaman dipakai.

Berikut adalah sembilan peralatan memerah ASI yang wajib dimiliki oleh mama yang bekerja supaya sukses memberikan ASI untuk anak:

1. Pompa ASI

Fungsi utama Pompa ASI untuk membantu mama memerah ASI dengan lebih optimal. Pilihlah pompa ASI yang cocok sesuai kebutuhan mama. Usahakan memilih pompa ASI yang spare part-nya mudah ditemukan di toko. Supaya jika ada bagian pompa ASI yang rusak, mama tidak perlu membeli pompa ASI baru.

2. Cooler Box/ Cooler Bag

Cooler box atau cooler bag sangat berguna untuk membawa ASI Perah (ASIP) dari kantor ke rumah. Tujuannya untuk menjaga suhu ASIP tetap dingin.

3. Ice Gel/ Ice Pack

Ice gel atau ice pack akan mempertahankan suhu ASIP selama berada di dalam cooler box atau cooler bag.

4. Botol ASIP/ Plastik ASIP

Selesai memerah atau memompa ASI, maka mama bisa menyimpan ASI ke dalam botol atau plastik ASIP. Pergunakan botol atau plastik yang aman atau BPA Free.

5. Food Container

Fungsi food container adalah untuk menyimpan pompa ASI setelah tidak lagi dipergunakan. Tujuannya supaya pompa ASI aman dan tidak rusak.

6. Apron

Jika kantor mama tidak menyediakan ruangan khusus untuk memerah ASI, maka mama bisa memerah dimana saja dengan menggunakan apron.

7. Peralatan Mencuci Botol

Jangan lupa membawa peralatan mencuci botol supaya mama mudah menuci dan mensterilkan pompa ASI dan botol ASIP.

8. Hand Sanitizer

Sebelum memerah ASI, sebaiknya mama mencuci tangan dengan sabun. Jika terpaksa tidak ada sabun, maka bersihkan tangan dengan hand sanitizer.

9. Tissue

Tissue sangat berguna untuk menyeka/ mengelap botol yang belum kering setelah sebelumya dicuci.

Semoga dengan memiliki kesembilan peralatan memerah ASI ini bisa membuat mama sukses menyusui buah hati hingga dua tahun, ya, mama!



0 Comments on "9 Peralatan Memerah ASI yang Wajib Dimiliki Working Mom"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply