Highlights

8 Tips Membuat Bayi Tidur Nyenyak

May 4, 2017 By 0 Comments

Salah satu problem yang dialami oleh mama yang baru saja melahirkan bayi adalah sering mengeluh tidak bisa tidur nyenyak di malam hari seperti dulu. Bayi sering terbangun untuk meminta menyusu. Tak lama setelah terlelap, eh, terbangun lagi. Bahkan tak jarang, tidak mau tidur lagi, sehingga membuat mama juga ikut terjaga sampai pagi. Tak hanya bayi yang baru lahir, bahkan kadang sampai usia setahun pun masih ada balita yang mengalami susah tidur.

Kondisi demikian, tentunya sangat melelahkan buat mama. Sebaiknya, masalah tersebut segera diatasi, sebab jika tidak, maka mama tidak bisa beraktivitas dengan baik bahkan bisa jatuh sakit. Untuk mengatasinya, pertama-tama mama perlu mengenali penyebab bayi tidak bisa tidur nyenyak. Ada beberapa penyebab bayi susah tidur, yakni:

  1. Perubahan suasana. Hal ini biasa dialami oleh bayi yang baru lahir. Setelah sembilan bulan lamanya merasa aman di dalam rahim ibu, setelah dilahirkan ke dunia, bayi beradaptasi dengan suasana baru. Bayi juga belum bisa membedakan suasana siang ataupun malam, jadi kapan dia tidur biasanya sesuka hatinya.

  2. Popok atau bajunya basah. Salah satu yang membuat bayi tidak nyenyak tidur adalah karena popok atau bajunya basah, entah karena mengompol atau karena keringat.

  3. Masih ingin menyusu atau lapar. Biasanya bayi tidak bisa tidur nyenyak karena lepar akibat kurang asupan susu atau makanan.

  4. Mimpi buruk. Bayi mengigau atau mengalami mimpi buruk sehingga menyebabkan gelisah sepanjang tidur.

  5. Sakit dan/ atau kelelahan. Mungkin bayi sedang kelelahan karena perubahan aktivitas seperti bepergian, bermain, dll saat siang harinya. Bisa juga bayi sedang sakit karena common cold atau tumbuh gigi, misalnya. Bayi yang sedang sakit ataupun kelehan biasanya akan rewel sehingga mempengaruhi kualitas tidurnya.

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan bayi tidak dapat tidur nyenyak, maka untuk mengatasinya mama dapat mencoba beberapa tips di bawah ini untuk membentuk ritme tidur bayi supaya lebih teratur:

  1. Ajari bayi, terutama bayi yang baru lahir, untuk mengenali waktu siang dan malam. Misalkan dengan cara mematikan lampu di malam hari. Saat siang hari usahakan untuk memberi pencahayaan yang terang, seperti menyalakan lampu atau membuka jendela lebar-lebar supaya sinar matahari masuk ke dalam rumah. Saat siang hari, ajak bayi melakukan banyak aktivitas, seperti bermain, bernyanyi, bercanda, atau sekedar bercengkerama.

  2. Kenalkan bayi dengan rutinitas sebelum tidur, misalkan mencuci tangan dan kaki, menggosok gigi, mengganti baju dengan piyama atau baju tidur, membaca cerita, berdoa sebelum tidur dsb. Dengan rutin melakukan kegiatan seperti itu, lama-kelamaan bayi akan tahu jika dia berkativitas seperti itu, artinya waktunya tidur.

  3. Ketika bayi terlihat mengantuk, dengan tanda-tanda seperti rewel, menguap, mengucek-ucek mata, maka segera tempatkan di tempat tidur. Hal ini untuk mebiasakan bayi tidur sendiri saat mulai mengantuk. Jika bayi masih ingin menyusu, maka redupkan lampu kamar.

  4. Usahakan untuk mengganti popok dan baju bayi sebelum tidur.

  5. Pastikan bayi telah kenyang menyusu ataupun makan sebelum tidur.

  6. Jika bayi terbangun saat tengah malam, maka hindari merespon dengan berinteraksi atau malah mengajaknya bermain. Katakan kepada bayi, bahwa malam adalah waktunya tidur dan ajak tidur kembali.

  7. Pijitlah badan bayi supaya bayi merasa nyaman, sesudah mandi atau sebelum dia terlelap.

  8. Jika bayi sakit, maka buatlah posisinya menjadi senyaman mungkin. Mama juga bisa memeluk anak saat tidur, namun tetap harus berhati-hati supaya tidak menindih tubuh bayi. Usapkan minyak telon atau balsam anak untuk memberi kehangatan pada tubuh bayi yang tengah sakit.

Selamat mencoba tips di atas ya, mama! Meski demikian, tentu saja ada beberapa bayi yang mungkin memilih lebih banyak tidur di siang hari ketimbang di malam hari. Untuk kondisi seperti ibu, sebaiknya mama juga menyesuaikan ritme mama, misalnya ikut tidur di siang hari saat bayi lelap. Supaya, saat malam, mama bisa lebih bertenaga, berjaga-jaga, jika bayi lebih memilih bangun.



0 Comments on "8 Tips Membuat Bayi Tidur Nyenyak"


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Leave a Reply